Lomba Blog Pendidikan Keluarga

1138
3

Perkembangan teknologi dan komunikasi memberikan tantangan dalam pendidikan anak di zaman sekarang. Besarnya jumlah pengguna internet dari kalangan pelajar perlu menjadi perhatian bagi dunia pendidikan. Berbagai konten terdapat dalam internet baik positif maupun negatif. Penyalahgunaan internet seperti mengakses konten negatif akan berpengaruh bagi tumbuh kembang anak. Selain itu, penyalahgunaan teknologi dan komunikasi juga dapat mengakibatkan berbagai permasalahan dalam perilaku anak misalnya kecanduan game, bullying, motivasi belajar yang menurun dan lain-lain.

Tantangan dalam pendidikan anak di masa kini perlu disikapi bersama. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki peran penting dalam pendidikan anak. Pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan perlu ditingkatkan sehingga akan mendukung terwujudnya ekosistem pendidikan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi tumbuh kembang anak. Hal ini didukung oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidik.

Media digital menjadi salah satu sarana penyebarluasan informasi yang berkembang pesat saat ini. Internet kini menjadi sumber utama mendapatkan informasi bahkan mengalahkan surat kabar. Lomba blog merupakan salah satu strategi untuk sosialisasi dan edukasi tentang pelibatan keluarga dalam penyelenggaraan pendidikan anak di masa kini.

Dengan lomba blog, informasi mengenai pendidikan keluarga akan mudah didapatkan. Selain itu, akan memberikan kemudahan bagi keluarga dalam berbagi pengetahuan dan praktik baik tentang pendidikan anak yang telah dilakukan. Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib, efektif dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka disusunlah Pedoman Lomba Blog Pendidikan Keluarga.

Lomba Blog Pendidikan Keluarga Tahun 2018 diperuntukkan bagi para blogger yang menulis tentang Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Era Kekinian.

Pedoman Lengkap untuk mengikuto Lomba Blog Pendidikan keluarga bisa dibaca di sini.

Pedoman Lomba Blog Pendidikan Keluarga Tahun 2018 diharapkan dapat menjadi panduan bagi peserta lomba dan penyelenggara. Informasi tentang penyelenggaraan lomba ini disebarluaskan melalui media massa, laman, media sosial (termasuk mailing list), dan surat elektronik. Dengan demikian para jurnalis dan masyarakat umum mengetahui mekanisme lomba dan penilaiannya. Seluruh tulisan yang masuk dinilai oleh tim juri secara obyektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan. (cs)

Sumber : Sahabat Keluarga Kemdikbud RI

3 COMMENTS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here