LASKAR HIMPAUDI SE – JAWA TIMUR,  AKTIF KOMUNIKATIF IKUTI BIMTEK PPTM 2022

210
0

Jawa Timur_ HIMPAUDI Jawa Timur Kembali melaksanakan kegiatan inovatif, kreatif,  dalam mendukung merdeka belajar bagi anggotanya, yaitu BIMTEK PPTM (Pendamping Praktik Tugas Mandiri) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi guru PAUD. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis hingga Sabtu, 10-12 Maret 2022, secara virtual melalaui zoom meeting yang diikuti oleh 63 peserta dari kab/kota se Jawa Timur.

BIMTEK PPTM HIMPAUDIJATIM 2022_Via Zoom Meeting

Pengurus wilayah HIMPAUDI Jatim melalui Bidang Diklat dan  Litbang, kesektretariatan didukung seluruh bidang memotivasi setiap peserta yang berasal dari 38 kabupaten kota se Jawa Timur untuk memanfaatkan momentum ini sebagai bagian upaya peningkatan capacity building agar lebih profesional, juga bagian ikhtiar membangun Indonesia melalui Pendidikan Anak Usia Dini, serta perjuangan untuk menperoleh kesejahteraan.

Diantara motivasi yang disampaikan utamanya adalah aktif, komunikatif, partisipatif dalam mengikuti giat bimtek dari awal hingga akhir, gunakan momentum ini, khususnya saat pemaparan Kebijakan GTK PAUD Kemdikbud Ristekdikti. Adapun beberapa  rangka pertanyaan yang diharapkan bisa dimunculkan adalah :

    1. Hasil Analisa dari paparan presentasi Pak Nasrudin /Kemdikbud
    2. Tentang Perubahan UU Sisdiknas, dan implikasi bagi PAUD khususnya KB dan sejenis
    3. Kapan dan bagaimana teknis Pemanfaatan momentum CARA daftar program guru penggerak atau Kepala sekolah penggerak bagi KB dan sejenis melalui akun SIM PKB.
    4. Mohon informasi tentang platform belajar.id, Apakah saat ini, platform belajar.id dapat dimanfaatkan untuk kgiatan daring lembaga dan peserta didik PAUD., Teknis dan penggunaannya bagaimana?
    5. Untuk daerah Kab./kota yg ingin membuka diklat dasar luring, namun TETAP terkoneksi dengan SIM PKB atau serifikat TETAP dari direktorat? Bagaimana mekanismenya
    6. Bagaimana gambaran implementasi kurikulum merdeka belajar/bermain bagi KB..dan bagimana dengan K13 PAUD
    7. Apakah sudah ada juknis, Kurikulum Merdeka Belajar /implementasi Merdeka belajar Bagi PAUD sampai saat ini, mungkin dalam bentuk permendikbud atau lainnya
    8. Apakah terkait dengan PP 4 perubahan 57/2022 tentang SPN. Berimplikasi pada 6 aspek capaian perkembangan anak seperti di permendikbud 137 dan 146 Tahun 2014, Terutama pd KI dan KD-nya?
    9. Bagaimana teknis konversi, kami alumni diksar yang belum S1 PAUD untuk dapat melanjutkan kuliah S1 PAUD atau untuk mndapatkan keringanan/pengurangan SKS di Perguruan tinggi (Rekognisi Pembelajaran Lanjut).
    10. Dan lain-lain diantaranya: issu-issu tentang PAUD dan kondisi GTKnya di Kabupaten / Kota masing-masing berikut masalah, problem dan kendala di masing-masing

Rekam jejak digital, keaktifan peserta bimtek terpotret dalam giat virtual melalui zoom meeting dari  pembukaan hingga akhir sesi sangat mengesankan dan kepuasan pun terpancar dari  panitia, narasumber juga peserta. Semua  dilaksanakan dalam rangka untuk menyesuaikan kondisi dan perkembangan tentang tuntutan kompentensi pendidik PAUD dalam membimbing Praktik Tugas Mandiri Dikjang Tingkat Dasar Daring Kombinasi , sesuai dengan kondisi perkembangan kekinian.

Semoga bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here