Gernas Baku Tahun 2019

722
0

SURABAYA – Gerakan orang tua membacakan buku (GERNAS BAKU) merupakan gerakan Nasional, kolaborasi antara Pemerintah dengan pegiat peduli Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), perguruan tinggi, dan dunia usaha dalam rangka meningkatkan partisipasi keluarga dan lembaga PAUD untuk menumbuhkan budaya membaca.

Membaca dapat diibaratkan membuka jendela dunia, karena dengan membaca akan memperluas wawasan kita. Membaca juga dapat meningkatkan daya pikir dan kemampuan seseorang dalam menemukan hal-hal baru yang berguna bagi kehidupan.
Keluarga khususnya ayah dan ibu mempunyai peran yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

Kontribusi ayah dan ibu membacakan buku adalah sebuah kebutuhan dalam pengasuhan, karena dapat mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak. Membacakan buku pada anak dapat mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa sejak dini.

Apa itu Gernas Baku ? Gernas Baku adalah sebuah Gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD, dan di masyarakat.

Adapun tujuan yang di harapkan dari Gernas Baku antara lain :

1. Membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak.
2. Mempererat hubungan sosial-emosi antara anak dan orang tua.
3. Menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Mengapa Gernas Baku itu Penting ? karena melihat Hasil survei penilaian siswa pada PISA 2015 menunjukkan bahwa Indonesia berada di urutan ke 64 dari 72 negara. Serta menurut survei BPS tahun 2015, 91,47% anak usia sekolah lebih suka menonton televisi dan 13,11% yang suka membaca.

Panduan Pelaksanaan Gernas Baku :

Abad ke-21 membutuhkan anak-anak yang mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. Abad ini menuntut orang tua untuk mendampingi anak-anaknya mampu menguasai kecakapan beragam literasi (multiliterasi) antara lain: Baca-Tulis, Numerasi, Pengetahuan alam (Sains), Keuangan (Finansial), Digital, Budaya dan Kewargaan.

Jadwal pelaksanaan Gernas Baku :

Mari jadikan kegiatan membacakan buku kepada anak sebagai kebiasan baik orang tua, untuk menanamkan jiwa litersi pada anak sejak dini. (Sule)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here