Dari Sisi Keilmuan, Saksi Ahli Presiden Menyatakan Bahwa Tidak Perlu Semua PAUD Itu Dibeda-bedakan

2885
28
Ilustrasi Sidang Pamungkas

JAKARTA — Lebih dari 2517 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari berbagai daerah datang memberikan dukungan moril dalam pelaksanaan sidang uji materi (judicial review) Undang-Undang no. 14 tahun 2005 hari ini, Selasa (02/04/2019).

Kali ini merupakan sidang pamungkas, sidang terakhir yang mendatangkan saksi ahli dari pemerintah, yakni Prof. Dr. Yoyon Suryono, M.S., saksi ahli dari DPR tidak hadir dalam sidang kali ini.

Memang dalam beberapa ulasan dan keterangan yang disampaikan di hadapan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) banyak pernyataan yang bisa disimpulkan bahwa pendidik PAUD formal dan nonformal itu berbeda.

Akan tetapi, dalam sebuah pandangan Yoyon dari sisi prinsip-prinsip keilmuan, termasuk konsistensi semua pihak, ia menyatakan bahwa tidak perlu semua PAUD itu dibeda-bedakan.

“Tingkat perkembangan anak itu dari satu garis kontinu. Mulai 0 sampai dengan 6 tahun atau sampai dengan 8 tahun, itu,” ujarnya sebagaimana tercantum dalam risalah sidang.

Pihaknya juga menyatakan bahwa, masalah yang kita hadapi ini adalah masalah rumusan di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Hal tersebut memang tidak masuk dalam wilayah keilmuan, namun merupakan wilayah kebijakan pendidikan.

“Asalkan semua pemangku kepentingan dalam konteks kebijakan pendidikan itu tadi beralih dari social movement ke profesionalisme, ceritanya akan menjadi lain,” imbuhnya.

Anwar Usman yang memimpin jalannya persidangan akhirnya menutup sidang dengan menyampaikan pesan kepada Pemohon, DPR, dan Kuasa Presiden untuk bisa mengajukan kesimpulan, karena hal tersebut merupakan hak. Kesimpulan diserahkan paling lambat hari Jumat, tanggal 12 April 2019, pukul 14.00 WIB.

“Sidang dinyatakan selesai dan ditutup,” pungkas Anwar disusul dengan 3 kali ketukan palu sidang.

Tentunya kita sama-sama berdoa agar dalam keputusan yang akan disampaikan nanti, adalah yang terbaik. Khususnya untuk para guru PAUD nonformal, terus berdoa dan berdoa, semoga permohonan dan perjuangan yang dilakukan akan memberikan hasil optimal. (cs)

28 COMMENTS

  1. Aamiin… aamiin…. Aamiin
    Semoga diijabah oleh Allah SWT. Doa doa yg terpanjatkan seluruh guru PAUD khususnya non formal.
    Semua pendidik adalah guru. Berperan sangat vital bagi kelangsungan pendidikan anak bangsa.

  2. semoga pernuangan ini membula hati pemangku jabatan dan kami berdoa semoga pemangku jabatan di beri keshatan sehingga memberikan manfaat bagi kaslahatan umat

  3. Dengan di hapusnya perbedaan pada PAUD Nonformal, menjadi setara dgn Paud Formal, akan berpengaruh positif ats meningkatnya mutu PAUD di Indonesia, semoga harapan ini bisa terkabul ats maunah dan ridla Allah Azza wa Jalla, Amiin

  4. Semoga yang kita ikhtiarkan untuk kesetaraan guru PAUD non formal oleh Alloh SWT..selalu mendapat ridlo..sehingga dimudahkan, dilancarkan dan terkabulkan… Aamiin yaaRobbal ‘alamiin…

  5. Ya Alloh,,smg kesetaraan dpt kami nikmati,buka hati pr pmangku jabatan demi trwujudnya Negara Berkarakter,Akhlakul karim,iman d taqwa ..
    Usia Dini Usia EMAS jangan sekali2 trlewatkn dgn sia2.
    Prioritas utama d pertama dlm tumbuh kembang diri seseorang.
    Mari bersama mmbangun bangsa harkat d martabat Negara yg ber Marwah..Aamiin Aamiin,,Aamiin ya Rohman

  6. Smg kt sllu diberikan kekuatan keaehatan dan kesabaran dan smg MK mengambil keputusan yg terbaik utk kelangsungan PAUD Non Formal guna menyiapkan generasi emas bangsa Indonesia tercinta ini ..aamiinn

  7. Semoga apa yang menjadi ikhtiar tulus kita bersama, menghasilkan yg terbaik. Tetap semanggat, iklas dalam membimbing generasi emas bangsa.

  8. Jika pengajuan ke pak presiden di nyatakan sesuai kesetaraan para pendidik paud.. semoga bapak terpilih sebagai presiden kembali.

  9. Semoga dengan segala perjuangan mendapatkan hasil terbaik… Amin..
    Dan apapun hasiknya nanti… Mari terus berjuang, berkarya mengukir generasi emas kita.

  10. Bismillah…
    Alhamdulillah, semoga perjuangan teman-teman mendapatkan hasilnya. Alloh SWT bersama orang2 yg berjuang di jalan NYA dg Ikhlash dan sungguh2. Teruskan perjuangan mu teman2 dan tetap SEMANGAT !!!

  11. Bismillah……semoga mendapatkan keputusan yang terbaik untuk guru PAUD Nonformal, kita semua sudah berdo’a dan berusaha selanjutnya kita tawakkal, apapun keputusannya tetap semangat dan ikhlas dalam mendidik generasi bangsa

  12. Semoga apa keputusan yg baik bagi pendidikan paud non formal …kami juga berjuang mencerdaskan generasi bangsa…
    #guruPAUDjugaguru…

  13. Aamiin YRA….Semoga Allah memberi kemudahan bagi kita semua …Himpaudi…Jaya…Bersama Kita Bisa…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here